Thursday, August 13, 2015

THE ESPLANADE (TUGAS KLA)



The Esplanade



Esplanade Theatre by The Bay  adalah salah satu icon negara Singapura. Letaknya persis bersebelahan dengan Patung Merlion yang berada di Merlion Park yang terletak di tepi air (waterfront) sepanjang pantai Marina Bay dekat muara Singapore River.
Data Fisik
a)    Arsitek : Michael Wilford, James Stirling, DP Architects
b)    Lokasi : Singapore
c)    Area : 75,186 m2
d)    Tahun : 1995-2002

Konsep Desain
Konsep desain arsitekturnya menerima genre/style dari timur dan barat. Desain bangunan ini berfilosofikan “berangkat dari masa lalu menuju masa depan” dengan cara menggabungkan modernisasi dan kearifan lokal. Bentuk massa secara keseluruhan mengambil bentukan dari buah durian yang merupakan buah khas asia sehingga bangunan ini tampak seperti durian, terselimuti oleh duri-duri pada bagian atap.
Fungsi Bangunan
Tujuan dibangunnya Esplanade Theatre by The Bay adalah sebagai pusat seni pertunjukan bagi masyarakat lokal dan menjadi salah satu asset pariwisata untuk menarik wisatawan asing. Sebagai bangunan pusat seni Esplanade Theatre by The Bay ini mencakup pertunjukan musik, tari, teater dan seni visual, dengan fokus khusus pada budaya Asia.
Desain Bangunan
Di tahun 1992, terpilih sebuah tim yang terdiri dari perusahaan lokal terkenal DP Architects (Singapura) dan Michael Wilford & Partners (Inggris) untuk memulai pekerjaan pembangunan pusat seni tersebut.
Esplanade dibuka pada 12 Oktober 2002, dibangun dengan biaya S$ 600 juta atau sekitar 3,6 trilyun. Bangunan ini menghadap ke pantai Marina Bay. Esplanade terdiri dari dua ruangan besar: sebuah teater dan Concert Hall. Esplanade memiliki Concert Hall dengan 1.600 kursi penonton, dan stage yang mampu menampung 120 pemain musik. Selain itu, juga terdapat Theatre berkonsep opera house dengan 2.000 kursi penonton, dan panggung berukuran 39 x 23 meter. Gedung theatre terdiri dari 4 tingkat, sehingga meskipun memiliki kapasitas 2.000 kursi, jarak terjauh kursi dengan panggung hanya 40 meter, masih memungkinkan bagi penonton untuk menyaksikan dengan jelas art performance di panggung.


Dua kubah yang menjadi lokasi Teater dan Concert Hall dirancang dengan bahan kaca, untuk memberi kesan terbuka. Agar pusat seni tetap dingin di suhu tropis, lebih dari 7.000 keping penahan matahari dari aluminium bersama dengan rangka penutup berlapis glazur ganda dipasang pada rangka penopang baja untuk membentuk penutup berbentuk duri.
Esplanade Outdoor Theatre, menghadap langsung Marina Bay dan memiliki panjang sekitar 300m, theatre outdoor ini memiliki kapasitas tempat duduk sekitar 450 hingga 600 (berdiri) orang.


Kedua cangkang dari Esplanade terbuat dari bahan yang ringan, ditopang dengan kolom selebar 2,5 m. Inspirasi yang digunakan dalam mendesain sunshade yaitu sifat geometri dari struktur serta bangunan tradisional Asia. Orientasi matahari pada kedua auditorium ini berbeda, oleh karena ituorientasi sumbu sunshade antara kedua massa bangunan juga berbeda. Grid pada Lyric Theatre miring 45 derajat terhadap sumbu, sedangkan grid pada ConcertHall tetap pada garis lurus ke porosnya. Cladding untuk atap terlihat lebih buram, karena dibuat dari lapisan foil water barrier dan dilapisi dengan panel aluminium yang salah satu sambungannya terbuka, hamper sama dengan shading yang ada di fasad, tetapi lebih datar. Panel ini juga menutupi saluran pembuangan air hujan, yang posisinya berada di antara setiap fasad dan struktur atap.

Sumber:

No comments:

Post a Comment